Tutorial Cara Install Windows 7 Lengkap dengan Gambar

Tutorial Cara Install Windows 7 Lengkap dengan Gambar – Mungkin semua orang sudah mengenal dengan sistem operasi yang di keluarkan oleh Microsoft ini. Ya bener, Windows 7 merupakan salah satu OS yang banyak digunakan oleh para pengguna Komputer / Laptop bahkan neetbok sekalipun. bahkan OS Windows 7 ini merupakan Adik dari OS Windows 8 dan windows 10 , Windows 7 ini menurut admin bebarengan menrupakan OS yang Ringan, enteng, dan ga berat.

Mungkin sudah banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan Windows 7 ini, karna windows ini bener-bener Mumpuni dalam ssegi perormayang lumayan enteng. dan windows 7 ini juga sangat cocok untuk Komputer personal maupun untuk warnet.

Cara Install Windows 7

Nah Buat para pengguna Windows XP, Windows 8 ataupun Windows 10 Bahkan yang belum sama sekali mengerti tentang Windows , Bagi kalian yang mau Install windows 7 anda bisa mengikuti tutorial yang akan kami berikan pada artikel ini.

Berikut adalah tutorial lengkap Cara install Windows 7 di Komputer / Laptop.

Berikut Cara Install Windows 7

  1. Sebelum install Windows 7, pastikan pindahkan dulu data-data yang menurut anda penting ke Hardisk kosong taupun bisa disimpen di lasdisk.
  2. Persiapkan CD Windows 7 dan DVD Room yang bisa anda gunakan.
  3. Masukan CD Windows 7 kedalam DVD Rom.
  4. Kemudian Restart PC anda.
  5. Tekan tombol Delete atau F12 secara berulang untuk masuk ke menu BIOS setup seperti Gambar dibawah ini.
  6. Setelah itu pilih TAB menu Boot
  7. Kemudian aturlah “CD-Rom Boot Priority” dengan mengubah “Frist Boot Device” menjadi “CD/DVD ROM” ( perlu anda ingat, setiap BIOS komputer berbeda-beda, jadi susaikan saja sebisa anda ).
  8. Setelah itu tekan F10 untuk Save dan Exit pengaturan BIOS.
  9. Setelah melakukan pengaturan pada Bios, maka komputer akan Restart dengan sendirinya dan akan muncul perintah seperti ini “Press any key to boot rom CD or DVD” kemudian tekan tombol enter.
  10. Setelah itu akan muncul ” Windows is Loading files“.
  11. Selanjutnya akan muncul menu Pengisian Bahasa, Format Waktu, dan Metode Keyboard. Tapi saya sarankan yang diubah cuman Format Waktu saja dan kemudian pilih 
  12. Setelah itu Klik pada Tulisan Install Now.
  13. Selanjutnya centang Menu ” I Accept the license terms “, Kemudian pilih NEXT, anda Bisa lihat Gambar dibawah.
  14. Selanjutnya ada 2 pilihan, Pilih Menu “Custom Advanced“.
  15. Selanjutnya anda pergi ke Menu Drive Option.
  16. Nah, disini anda pilih Drive, Hardisk atau partisi yang ingin anda format dan dipastikan tiak ada data pentingnya. Langsung saja “Drive Options (advanced)” kemudian pilih “Format” dan tunggu hingga selesai, kemudian jika sudah selesai dan pilih Next.
  17. Jika anda masih bingung dengan partisi mana yang ada data pentingnya, penjelasanya seperti ini, disana ada Load Driver anda pilih dan lihat di drive mana yang ada data-data pentingnya dan yang tidak ada data-data pentingnya dan lihat juga ukuran Hardisk atau driver yang akan kita format, sesuaikan pada Driver Options. Nah sekiranya itu saja mungkin anda sudah mengerti apa yang sudah saya paparkan diatas ?
  18. Kemudian Pilih Next, Maka proses Installisasi akan berjalan dan memakan waktu kurang lebih 30 menit, Disini anda haus bersabar menunggu proses installisasi selesai dengan sempurna.
  19. Setelah itu Komputer anda akan Restart dengan sendirinya, Tapi anda jangan panik. Karna Hal ini sangat Normal.
  20. Selanjutnya Masukan User Name ( Nama Anda ) dan nama Komputer.
  21. Masukan Password, jika anda tidak ingin menggunakan Password langsung Next saja.
  22. Kemudian Masukan Serial Number, Tapi jika anda tidak punya anda bisa langsung Next saja atau cari serial Number di mbah Google.
  23. Selanjutkan anda dihadapkan pada 3 pilihan, tapi pilih aja “ASK me later“.
  24. Kemudian Pilih Zona waktu Honai, Bangkok, Jakarta ( Indonesia).
  25.  Nah ini langkah terakhir dalam Instalisasi Windows 7.
  26.  Setelah instalisasi selesai, biasannya Komputer akan restart ulang.
  27. Stelah Restart ulang maka keluarkan CD Windows 7 nya.
  28. Setelah install sistem operasi Windows 7 nya selesai, agar bebenar-benar lengkap install-nya, dibutuhkan Driver untk komputer anda yang harus iinstall.
  29. Lengkapi juga Windows 7 anda dengan isntall software berguna seperti anti virus browser, dll.
  30. Selesai, selamat windows baru anda sudah bisa digunakan.

Perhatian :

Sering Terjadi kegagalan pada saat instalisasi, untuk itu anda harus mempunyai CD installan Windows 7 yang masih bagus dan tidak rusak, error ataupun lecet.

Nah, bagaimana pastinya mudah donk dalam proses instalisasi dan seoga tiak mengalami hambatan dalam proses install.

Terimakasih telah membaca artikel yang sudah kami rangkum tentang  Tutorial Cara Install Windows 7 Lengkap dengan Gambar semoga bisa membantu bagi yang membutuhkan.

Jika artikel ini bermanfaat tolong bantu kami share kepada teman-teman kita yang sedang membutuhkan tutorial ini dengan cara Share lewat tombol Sosmed dibawah, terimakasih banyak.

Add a Comment